3 Tahun Sekolah, Ngapain Ajaa??

     


     Halo guys.. kenalin saya Dewi Ratna Kartikasari. Ayo tebak saya masih sekolah atau sudah lulus?! Yapp benar sekali.. Aku masih kelas 12 SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, lebih tepatnya sekolah di SMK Negeri 1 Pati. SMKN 1 Pati merupakan salah satu sekolah kejuruan terbesar dan ter akreditasi A di kota Pati. SMKN 1 Pati memiliki 5 jurusan seperti Akuntansi, Bisnis Daring dan Pemasaran atau saat ini bernama Pemasaran, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, dan Usaha Layanan Pariwisata. 

     Selama 3 tahun sekolah, kira - kira saya ngapain aja ya?? Pasti kalian kepo kan. Kalau begitu tunggu apalagi ayo simak berikut ini. 

1. Kegiatan Selama Sekolah

     Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan kompetensi keahlian yang yang mempelajari dasar - dasar kemampuan menjadi seorang marketing yang baik dan profesional baik online maupun offline. Nah berhubung aku masuk di jurusan BDP, selama sekolah aku diajari tentang membuat konten menarik, mempromosikan produk, dan menjadi pramuniaga yang baik. Selain sekolah aku juga melaksanakan PKL selama 6 bulan. Sesuai jurusan saya, saya PKL di Swalayan ADA Pati. Disana saya ditempatkan di counter sepatu dan nonfood. Meskipun hanya 6 bulan, saya merasa sangat lama sekali. Itu semua karena saya sedikit tidak suka dengan kegiatan PKL. Untuk alasannya cukup aku dan Tuhan yang tau. Meskipun hanya PKL, disana saya dituntut untuk belajar sambil bekerja. Kenapa begitu? Karena kegiatan yang saya lakukan hampir sama seperti pegawai disana. Mulai dari stok opname, cek barang datang, menservice customer, dan menulis returan serta pengembalian barang. 



     Setelah 6 bulan PKL, saya kembali melanjutkan sekolah. Di kelas 12 ini banyak sekali kegiatan serta tugas yang membuat saya pusing dan sedikit kesulitan untuk mengerjakannya. Kegiatan yang lakukan seperti mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), kegiatan itu wajib dilakukan oleh semua siswa. 

2. Pengalaman Selama Sekolah

     Selama sekolah di SMKN 1 Pati saya banyak mendapatkan pengalaman, entah itu menyenangkan dan menyedihkan atau bisa juga memalukan. Pengalaman menyenangkan yang saya alami seperti adanya kegiatan Jumat Fun yang diadakan 1 bulan sekali. Kegiatan itu sangat menyenangkan, karena saya bisa melihat drama serta ide ide menarik dari mereka. 


     Selain menyenangkan pasti ada kesedihan. Untuk pengalaman menyedihkan saya saat adanya kegiatan PKL. Saat PKL kelas saya dibagi menjadi 2 kloter yang mengharuskan kami terpisah. Sejak kelas 11 hingga kelas 12 kami tidak pernah bertemu selama 1 tahun. Hingga saat kelas 12 banyak masalah yang terjadi karena tidak adanya kekompakan dan chemistry dari kami. Untuk itu saya ingin meminta maaf kepada semua guru atau pihak yang terlibat. Saya meminta maaf apabila kelas kami sering kali membuat malu kalian, membuat kehebohan, kemalasan, serta kekanak-kanakan. Saya meminta maaf sebesar-besarnya. 

     Selanjutnya yaitu pengalaman memalukan yang pernah saya alami. Pengalaman itu terjadi saat saya PKL. Waktu itu hells sepatu saya lepas saat menaiki tangga. Kemudian saya meminta bantuan kepada teman saya agar dipinjamkan lem ke counter sepatu. Selain itu, saya pernah mengalami kejadian sangat memalukan seperti celana robek dan jatuh nyungsep. Karena saya orangnya tidak mudah malu, saya merasa biasa aja. Tetapi jika diingat lagi saya merasa malu dan semoga saja kejadian tersebut tidak terjadi lagi. 

3. Harapan Untuk Kedepannya

     Karena saat ini saya sudah kelas 12, saya memiliki beberapa harapan baik untuk sekolah, guru serta teman, dan juga diri saya sendiri. Untuk sekolah, saya berharap SMKN 1 Pati menjadi lebih jaya dan dapat menciptakan generasi yang unggul serta berprestasi. Untuk guru, terimakasih atas segala ilmu yang telah engkau berikan dan minta maaf jika terdapat salah dari perbuatan maupun perkataan serta semoga segala pengorbanan yang telah diberikan segera dibalas oleh Tuhan YME. Untuk teman, terimakasih sudah mau menjadi teman saya selama ini dan maaf jika saya selalu jail ke kalian. Semoga kalian semua sukses dan kita dapat bertemu dengan kabar yang baik serta dapat membawa pasangan masing - masing. Untuk diri saya, saya sangat berterimakasih karena dapat bertahan selama ini dan saya minta maaf jika saya mudah lelah dan ingin menyerah dengan semuanya. Semoga kedepannya mendapatkan karir yang baik dan dapat mencukupi semua kebutuhan serta keinginan orang tua. Kamu hebat, kamu kuat, kamu bisa. 


     Nah, gimana perasaan kalian setelah membaca cerita diatas? Senang, sedih atau bingung dengan ceritanya? Jangan lupa tinggalin komentar kalian yaa. See you semuanya.. 🤗☺

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Keripik Usus? Siapa Takut!! Yuk Simak Berikut Ini...

Keripik Usus Tidak Hancur Saat Dikirim Ke Luar Kota? Apa Bisa???